Cara menggunakan fitur Wi-Fi Hotspot di android

Unknown | 05:00 | |
Android dapat dijadikan fungsi pengganti bagi perangkat yang lain. Salah satu fungsi yang membantu kita untuk berinternet dengan cepat, yaitu Wi-Fi Hotspot. Biasanya kalau ingin browsingan, download, atau chat di social media pas kita dalam keadaan tidak punya kuota internet pasti yang akan kita lakukan adalah nebeng internet. Salah satunya adalah nebeng atau numpang internet dengan menggunakan wifi, sehingga kita akan bisa mengakses internet jika sudah terhubung dengan koneksi wifi.

Nah, bagi yang ingin berinternet menggunakan wifi orang lain sedangkan wifi nya dikasih password, tidak ada salahnya jika smartphone android anda dijadikan sebagai portable wifi hotspot. 

Lho emangnya bisa ? Bisalah, smartphone kan semakin canggih seiring perkembangan jaman.

Fitur wifi hotspot ini juga dapat dijadikan sebagai pengganti modem bila anda tidak mempunyai modem untuk melakukan aktifitas internet di laptop atau notebook anda. Sangat bermanfaat sekali bukan fitur android yang satu ini.

Lalu selanjutnya saya akan memberikan bagaimana cara mengaktifkan fitur wifi hotspot untuk disambungkan ke perangkat lain, agar perangkat lainnya dapat mengakses internet, langsung saja berikut ini langkah-langkahnya :


1). Masuk ke pengaturan atau setelan terlebih dahulu. Lalu pilih selengkapnya dan pilih penambatan hotspot & tethering.


2). Kemudian pilih konfigurasi, sehingga nantinya akan muncul jendela pop up yang berisi setting SSID Network. Disitu akan ada 3 jenis pengaman, diantaranya WPA PSK, WPA2 PSK, dan None (tidak ada). Untuk none, nantinya anda tidak akan mengisikan password. Sehingga orang lain akan bisa mengakses internet dari koneksi hotspot anda tanpa password. Kemudian untuk WPA PSK dan WPA2 PSK, nantinya anda akan disuruh mengisi password, sehingga akan aman dari orang lain.


3). Selanjutnya jika anda sudah selesai mensetting konfigurasi tersebut, hidupkan data seluler anda dan hidupkan hotspot tethering tersebut.


4). Langkah selanjutnya, coba tes koneksi hotspot tersebut menggunakan perangkat lain seperti smartphone atau laptop. Hidupkan wifinya dan coba cari apakah nama dari hotspot yang sudah anda atur tadi muncul. Kalau sudah muncul klik namanya dan sambungkan.

5). Langkah terakhir, buka browser anda kemudian koneksikan dengan hotspot tersebut, jika sudah bisa membuka situs web berarti anda telah berhasil, dan selesai.



Sekain artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda.


No comments:

Post a Comment