Macam-macam jaringan berdasarkan jangkauan dan ruang lingkupnya

Unknown | 04:02 |

     Apa kabar semua? Semoga baik-baik saja ya. Baiklah kali ini saya akan membahas tentang macam-macam jaringan berdasarkan jangkauan dan ruang lingkupnya. Simak penjelasannya sebagai berikut :

1. Local Area Network (LAN)/ Jaringan Area Lokal

       LAN merupakan sebuah jaringan yang dibatasi oleh area yang lebih kecil, pada umumnya areanya seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, sekolah atau kampus, dan jaraknya pun tidak terlalu jauh hanya sekitar 1 km. Konfigurasi lan biasanya satu komputer dijadikan sebuah file server, yang mana file server tersebut digunakan untuk menyimpan perangkat lunak yang nantinya akan mengatur aktivitas jaringan, ataupun sebagai perantara untuk menghubungkan komputer-komputer ke dalam jaringan tersebut. Komputer-komputer yang terhubung dengan jaringan dinamakan workstation. Kemampuan workstation biasanya masih dibawah dari file server dan mempunyai aplikasi lain di hardisk selain aplikasi untuk jaringan.

2. Metropolitan Area Network (MAN)/ Jaringan Area Metropolitan

    Jaringan MAN memiliki area yang lebih luas daripada LAN, misalnya wilayah dalam satu provinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke area yang lebih besar. Sebagai contoh :
Jaringan bank dimana beberapa kantor cabang di sebuah kota besar akan dihubungkan antara satu dengan lainnya. Misalnya BRI di wilayah jakarta. Kebanyakan MAN menggunakan media saluran telepon atau gelombang radio untuk menghubungkan jaringan kecil yang satu dengan lainnya.

3. Wide Area Network (WAN)/ Jaringan Area Skala Besar

      WAN adalah jaringan komputer yang melibatkan banyak komputer dalam area yang lebih luas yang mancakup antar daerah bahkan antar negara. Maka dari itu kita akan mengakses informasi di tempat berbeda dengan cepat. Jaringan WAN merupakan juga gabungan dari jaringan LAN melalui sarana jaringan telkom kabel/nirkabel, satelit , dan bahkan melalui gelombang mikro. Contoh jaringan BCA yang ada di indonesia atau negara lain, dengan menggunakan jaringan WAN, BCA yang ada dijakarta akan dengan cepat berkomunikasi dengan kantor pusat di singapura hanya dalam beberapa menit.

Itulah macam-macam jaringan berdasarkan jangkauannya dan ruang lingkupnya. Semoga bermanfaat untuk anda semua.



No comments:

Post a Comment