Pengertian dan macam-macam sistem operasi pada komputer

Unknown | 01:46 |

    Perangkat lunak sistem atau sistem operasi (operating system) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, menjalankan program aplikasi, dll. Sistem operasi merupakan perantara antara perangkat lunak aplikasi dengan perangkat keras komputer. Macam-macam sistem operasi antara lain Microsoft Windows, Linux, Machintosh, Unix, dll. Beberapa sistem operasi tersebut akan saya bahas disini.

1. Microsoft Windows

     Microsoft windows merupakan sistem operasi yang paling populer dan paling banyak digunakan di dunia ini. Sistem operasi windows merupakan evolusi dari sistem operasi MS-DOS yang merupakan sistem operasi berbasis modus teks dan command line. Pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983 yaitu Windows Graphic Environment 1.0 dan dipasarkan pada bulan November tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan yang bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit yang awalnya bukan sistem operasi yang berjalan di atas asuhan MS-DOS dan tidak dapat berjalan jika tanpa adanya MS-DOS. Ada beberapa versi terakhir dari windows dimulai dari versi 4.0 dan windows NT 3.1 yang merupakan sistem operasi mandiri dan tidak lagi bergantung pada sistem operasi MS-DOS. Windows merupakan sistem operasi yang softwarenya paling banyak dan game-game HD tersedi banyak di sistem operasi ini. Kelebihan windows antara lain multitasking, mudah digunakan, banyak aplikasi, dll. Sedangkan sistem operasi ini rentan sekali terkena virus dan juga ngadat jika banyak menginstall aplikasi.

2. Linux

    Linux adalah sistem operasi yang diperkenalkan pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server dan telah memperoleh banyak dukungan dari perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, IBM, Novel, Oracle Corporation, dll. Linux sudah banyak dijalankan di berbagai jenis perangkat keras komputer seperti komputer dekstop, super komputer, dll. Linux juga di jalankan pada video game seperti Playstation 2, Playstation 3, dan Xbox. Seperti kebanyakan perangkat lunak dan sumber terbuka lainnya, kode linux dapat dimodifikasi, digunakan, dan bebas didistribusikan kembali oleh siapa saja. Macam-macam distro linux antara lain debian, knoppix, fedora, ubuntu, backtrack, centOS, gentoo, slackware, dll.

3. Machintosh

      Mac OS atau Machintosh Operating System adalah sistem operasi buatan Apple Computer yang digunakan untuk mengoperasikan komputer Apple atau Macbook. Macintosh merupakan sistem operasi yang bersifat close source (tertutup), jadi hanya pihak Apple lah yang mengembangkan sistem operasi tersebut. Kelebihan dari sistem operasi ini antara lain multitasking sehingga pengguna dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus menutupnya salah satu, lebih stabil, grafis lebih bagus, desain bagus, tahan virus, dll. Aplikasi atau game yang ada di mac os tidak sebanyak windows, tapi mac os juga dapat menjalankan game kualitas HD dengan baik dan lancar.

4. Unix

      Unix merupakan sistem operasi pertama kali yang pernah ada. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Bell Labs pada tahun 1969. Unix biasanya banyak digunakan oleh programmer karena user interface yang mudah, multi user, utility sederhana dengan kinerja yang tinggi, dll.

Sebenarnya masih ada lagi beberapa sistem operasi pada komputer, namun hanya itu yang bisa saya jelaskan, mohon maaf jika ada kesalahan penulisan.



No comments:

Post a Comment