Kelebihan dan kekurangan root pada android

Unknown | 07:30 |

       

      Android merupakan sistem operasi yang terbuka (open source) yang artinya semua orang dapat mengembangkan kemampuan dari sistem operasi ini. Dalam android terdapat istilah root, lalu apakah yang dimaksud dari istilah root ?


~Pengertian Root :

     Root adalah sebuah hak akses penuh yang diberikan kepada pengguna untuk mengontrol sistem android. Jika android sudah diroot, maka anda bisa memiliki hak akses penuh ke seluruh sistem android dan dapat menjalankan aplikasi yang membutuhkan root. Jika android telah berhasil diroot nanti akan ada aplikasi Super User di menu.

   Membahas kelebihan dan kekurangan android, keuntungan yang akan didapatkan lebih besar daripada kerugiannya. Jika anda ingin root perangkat android anda, simak dahulu kelebihan dan kekurangan android jika sudah diroot agar anda tidak salah dalam menentukan pilihan.


~Kelebihan Root Android :

- Dapat Menginstall Custom Rom

                Jika anda ingin android anda menjadi beda, lebih menarik, dan mendapatkan performa lebih pada android anda, anda dapat menginstall Custom Rom setelah anda melakukan root. Contoh Custom Rom yang terkenal seperti CyanogenMod, Hyperion, MIUI, dll.

- Memasang Aplikasi Di SD Card

           Anda dapat memindahkan atau menginstall aplikasi di sd card setelah anda melakukan root pada android anda, sehingga memori internal menjadi lebih lega.

- Menjalankan Aplikasi Root

              Masih banyak lagi aplikasi yang membutuhkan akses root seperti link2sd, dll. Jika belum di root anda tidak akan bisa menjalankan aplikasi tersebut.

- Meningkatkan Performa Android

             Anda dapat mengatur atau mengendalikan sistem android, sehingga anda dapat menghapus aplikasi bawaan vendor agar tidak memakan Ram dan memori internal. Anda juga dapat mengoverclock kecepatan processor android anda.


~Kekurangan Root Android :

- Garansi Hilang

    Anda akan kehilangan garansi jika anda melakukan root, sehingga jika perangkat android anda mengalami kerusakan, anda harus mengeluarkan biaya untuk memperbaiki perangkat android anda.

- Berkurangnya Keamanan Android

     Android akan lebih rentan terkena malware yang bisa mencuri dan mengintip data penting lainnya dari perangkat anda melalui aplikasi yang anda install.


Itulah kelebihan dan kekurangan root pada android, semoga bermanfaat untuk anda.       

       





No comments:

Post a Comment