Cara membuat baterai di android lebih awet dan tahan lama

Unknown | 16:03 | |

   Baterai di smartphone android memang boros terutama di kelas low-end. Maka dari itu, banyak pengguna yang mengeluh dengan masalah ini. Beda dengan smartphone android high-end, mereka sudah dibekali kapasitas baterai yang cukup besar sehingga lebih awet dibandingkan android kelas low-end, dan itu juga tergantung sama penggunanya, jika digunakan secara terus-menerus sama saja juga akan cepat habis. Tapi jangan khawatir, baterai boros di android masih bisa diminimalisir, langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Matikan data seluler

        Apabila android sobat sedang tidak digunakan untuk internet, matikan saja data selulernya, agar baterai sobat tidak cepat habis. Biasanya jika data selular tidak dimatikan akan membuat ponsel menjadi panas apalagi jika menggunakan koneksi "H" (HSDPA), ponsel serasa akan terbakar jika digunakan terus menerus.

2. Matikan sinkronisasi

       Sinkronisasi juga akan menyebabkan baterai cepat habis, apalagi jika data selularnya juga dihidupkan, maka akan tambah memperboros daya baterai.

3. Kurangi kecerahan layar

      Jika pada saat berjalan-jalan dan kita menggunakan ponsel dibawah terik matahari, pasti nyala layarnya tidak terlalu kelihatan, akibatnya kita akan sulit untuk membaca apa yang ada di layar ponsel. Sehingga kebanyakan orang-orang akan mengatur kecerahan layar ponselnya sampai pada tingkatan yang tertinggi agar kelihatan apa yang ada di ponsel, akibatnya baterai akan cepat habis jika terus digunakan pada kecerahan layar yang tinggi.

4. Gunakan profil diam

     Sebaiknya atur profil di android sobat dengan profil diam, agar suara yang kenceng di ponsel menjadi tidak bersuara, sehingga baterai akan lebih awet.

5. Matikan bluetooth dan gps

       bluetooth dan gps jika sudah selesai digunakan nonaktifkan saja.

6. Kurangi aplikasi berjalan dilatar belakang

      Aplikasi berjalan dilatar belakang seperti bbm, line, wechat, dll dapat mempercepat daya baterai habis, karena aplikasi itu akan aktif terus-menerus sehingga konsumsi daya baterai akan semakin besar. Sebaiknya hapus salah satu atau lebih aplikasi yang anda rasa tidak penting yang berjalan terus-menerus di latar belakang.

7. Matikan hp

      Matikan hp jika sedang tidak digunakan agar bisa beristirahat sejenak setelah digunakan terus menerus, terutama pada saat jam tidur, pada saat berkendara, dll.

nah untuk jaga-jaga pada saat baterai habis, gunakan power bank terutama pada saat sobat berpergian jauh agar hp sobat tidak dead/mati. Tapi juga jangan sering-sering menggunakan power bank, karena power bank dapat memperpendek umur ponsel android. Nah loh :-D.

Sekian artikel ini dari saya, kalau ada salah penulisan saya mohon maaf.



No comments:

Post a Comment