Perbedaan utama antara Windows XP dengan Windows 7

Unknown | 07:24 |
Windows merupakan sistem operasi komputer paling populer dan paling banyak digunakan di dunia ini, karena memang windows merupakan sistem operasi yang user-friendly, mudah digunakan, ringan, dan memiliki banyak software game dan aplikasi yang kompatibel daripada sistem operasi lain. Windows memiliki macam-macam versi antara lain windows vista, xp, 8, dan 7 Dari beberapa versi tersebut, pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Nah, yang akan saya bahas pada artikel kali ini mengenai perbedaan utama antara windows xp dengan windows 7. Langsung saja, simak ulasannya sebagai berikut :

1). Icon Menu Start

Menu start pada windows xp berbentuk lingkaran agak lonjong yang ada logo windowsnya dan ada tulisan "start". Sedangkan menu start pada windows 7 berbentuk lingkaran agak lonjong yang didalamnya terdapat logo windows yang tidak ada tulisan "start", dan jika mendekatkan kursor ke menu start, maka logo windowsnya akan tampak menyala, sehingga akan lebih menarik.


2). Tampilan

Dari segi tampilan, windows xp hanya mempunyai tampilan yang sederhana, sehingga kelamaan akan tampak membosankan. Beda dengan windows 7, di windows 7 performa grafis, animasi, dan yang berhubungan dengan visual lebih bagus dan berkualitas dibandingkan dengan windows xp.


3). Tema

Dari segi tema, windows xp masih kalah dengan windows 7. Karena di windows 7, tersedia beberapa tema-tema menarik yang dapat anda download dan diterapkan, bahkan anda juga dapat membuat tema sendiri.


4). Aero Dekstop

Sebenarnya aero dekstop hanya digunakan untuk mempercatik tampilan di windows 7 saja, seperti fitur Aero Snap yang berfungsi untuk memudahkan anda dalam mengatur jendela-jendela program yang terbuka.


5). DirectX 11

Masalah ini akan menjumpai anda jika anda seorang gamer yang menggunakan windows xp, karena anda juga harus mengikuti perkembangan hardware dan software agar dapat menjalankan game-game yang semakin berat. Secara default, windows xp tidak mendukung directX diatas 9.0c, dan bila anda ingin menginstall game yang membutuhan directX 10 dan 11, terpaksa anda harus mengupgrade windows anda, karena tidak ada pilhan  lagi selain itu.


6). Taksbar

Di windows 7 setiap program yang diminimize atau diperkecil, di taksbar hanya tampil icon saja, dan jika anda mengarahkan kursor ke icon tersebut, maka akan ditampilkan thumbnail program tersebut, dan jika kursor diarahkan ke thumbnail, maka program tersebut akan full window. Sedangkan di windows xp program yang sedang dibuka atau diminimize, di taksbar akan terlihat beberapa icon dan tulisan.


7). Start Menu

Di windows 7, anda tidak perlu lagi scroll di all program seperti windows xp jika ingin mencari program yang diinginkan, cukup mengetik nama program tersebut maka akan ditampilkan di start menu.


8). 32-bit dan 64-bit

Di windows xp sebenarnya juga ada yang versi 64-bit, namun kebanyakan orang belum mengetahuinya. Sedangkan di windows 7, nantinya anda akan dihadapkan ke dua pilihan, pilih yang 32-bit atau 64-bit.


9). Email Client

Email client bawaan windows Outlook Express (OE) sudah banyak orang yang tidak memakainya lagi, maka di windows 7 fitur ini telah dihilangkan.


10). Keamanan

Keamanan windows xp kurang baik jika dibandingkan dengan windows 7. Tidak heran jika banyak virus dan hacker yang mudah menyerang pengguna yang menggunakan windows xp. Di windows 7 juga rawan sekali terkena virus, tapi sistem keamanannya lebih baik jika dibandingkan dengan windows xp.


11). Kompatibilitas Program Aplikasi

Di windows xp sendiri, dukungan kompatibilitas aplikasi sudah baik, terbukti dari beberapa aplikasi yang dapat dioperasikan di windows xp tidak dapat dioperasikan di windows 7.

Itulah beberapa perbedaan windows xp dengan windows 7, semoga bermanfaaf untuk anda.


1 comment: