Tips menghemat kuota internet di android

Unknown | 22:41 |
Internet pada saat ini semakin maju, yang tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan hidup manusia. Kebutuhan akan internet sekarang makin meningkat seperti untuk keperluan mencari informasi, menonton video, dan masih banyak lagi. Kita dapat mengakses internet jika kita mempunyai paket kuota data. Lha bagaimana kalau tidak punya paket kuota data ? Ya belilah, banyak provider atau operator seperti Telkomsel, XL, Indosat, dll yang menawarkan pembelian paket kuota internet, mulai yang murah sampai ke yang mahal. Nah sekarang bagaimana jika kuota internet di android anda cepat habis ? Pastinya anda akan kecewa, dipakai belum ada satu bulan sudah habis, bisa-bisa dompet anda akan cepat tipis bila digunakan untuk beli paket internet terus.

Nah, kali ini saya akan memberikan tips kepada anda agar kuota internet tidak cepat habis, simak tipsnya dibawah ini :


1). Gunakan aplikasi browser yang tepat

Gunakan aplikasi browser yang ringan, cepat, dan pastinya ada fitur untuk menghemat data, karena itu juga sangat berpengaruh dalam awet atau borosnya kuota internet anda. Saya sarankan untuk menggunakan UC Browser atau Opera Mini.


2). Matikan data seluler

Saat anda tidak menggunakan internet, sebaiknya matikan saja data selulernya, karena jika tidak dimatikan, akan membuat kuota internet anda cepat habis bahkan baterai juga akan cepat habis.


3). Gunakan jaringan Wi-Fi

Apabila tetangga anda, teman anda, atau sekolah anda mempunyai fasilitas Wi-Fi, alangkah baiknya jika anda memanfaat fasilitas tersebut. Jika ada yang gratisan kenapa harus menggunakan kuota internet sendiri ?, sehingga kita akan lebih leluasa dalam keperluan browsing untuk mencari informasi atau aktivitas download.


4). Matikan Auto Sync

Jika anda tidak membutuhkan pemberitahuan realtime tentang email, akun-akun online lainnya seperti akun google, akun samsung, dan sebagainya, sebaiknya matikan saja fitur auto sync di smartphone android anda.


5). Jangan sering nonton video di youtube

Youtube adalah website penyedia layanan video terbesar di dunia, yang menayangkan video di seluruh masyarakat di dunia ini. Jika anda sering menonton video streaming di youtube, sebaiknya kurangilah kebiasaan tersebut jika anda hanya menggunakan kuota internet biasa, kalau pakai Wi-Fi ya terserah anda. Karena jika semakin lama anda menonton video di youtube, bersiaplah untuk menghadapi kuota anda yang terkuras banyak.


6). Matikan auto update pada google play store

Matikan saja fitur auto update di play store. Jika anda ingin auto update, sebaiknya gunakan pada saat anda tersambung di jaringan Wi-Fi saja, sehingga kuota anda akan lebih hemat dan tidak cepat habis.


7). Kurangi aktivitas download

Anda seorang downloader ?, Sebaiknya jangan terlalu sering mendownload konten seperti video, game yang berukuran sampai ratusan Mb (Megabyte) agar kuota anda tidak cepat habis.


8). Gunakan koneksi E (Edge)

Yapp, sebaiknya gunakan koneksi E saja jika hanya digunakan untuk browsingan, cari berita atau yang lain. Jika mau download silahkan gunakan koneksi H (Hsdpa) atau 4G LTE.


Itulah sedikit tips menghemat kuota internet android, semoga bermanfaat untuk anda.



1 comment:

  1. Artikelnya Bermanfaat mantab banget dan Inspirastif....

    Salam Kenal Sobat..???
    Kami dari Prodis Advertising, perusahaan periklanan PPC (pay per click - Alternatif Adsense) Indonesia menawarkan kerjasama untuk menjadi Publisher atau penerbit iklan Kami.
    Persyaratannya sangat mudah, Anda cukup menyediakan ruang atau space di website Anda untuk memasang script iklan kami.

    YUK DAPATKAN PENGHASILAN DARI BLOGMU? Ikuti program PPC kami:
    1. Pendaftaran GRATIS
    2. Prosentase pembagian komisi 60%
    3. Pembayaran komisi tepat waktu dan tidak ada potongan
    4. Jadwal pembayaran komisi 2 (dua) kali sebulan setiap tanggal 15 dan 30, dengan minimal saldo sebesar Rp. 25.000.

    Mari bergabung bersama kami, untuk mendapat penghasilan dari blog yang lebih mudah dengan komisi yang lebih besar. Keterangan lebih lengkap dan hal-hal lain yang berhubungan dengan layanan kami, silahkan kunjungi website kami: http://promosidisini.com/

    Demikian, semoga dapat terjalin kerjasama yang baik dan saling menguntungkan sejak hari ini dan selamanya.

    Hormat Kami, Ditunggu pendaftarannya

    ReplyDelete