Pengertian dex, odex, dan deodex di android

Unknown | 07:15 |
Bagi pengguna android pemula yang ingin memodifikasi ponsel androidnya pasti akan bingung dengan apa yang dimaksud istilah odex dan deodex. Odex akan terdapat atau terlihat di android yang masih menggunakan rom bawaan pabrik atau stock rom, sedangkan deodex akan terdapat di custom rom atau rom yang sudah dimodifikasi.

Nah, lalu apa yang dimaksud dengan dex, odex, dan deodex. 
Simak penjelasannya sebagai berikut :


1). File.dex

File.dex merupakan file yang digunakan Dalvik Virtual Machine (VM) yang pada dasarnya sudah dikompile menjadi file aplikasi.


2). Odex (Optimized-dex)

Di dalam file system android terdapat aplikasi yang semuanya berekstensi apk. Paket aplikasi apk ini berisi file.odex yang berfungsi untuk menghemat ruang penyimpanan. Nah, file.odex sendiri merupakan kumpulan dari bagian-bagian aplikasi yang sudah di optimalisasi sebelum terjadi proses booting.

~Kelebihan odex :
Karena aplikasi berjalan secara preload, sehingga akan mempercepat proses booting.

~Kekurangan odex :
Sulit untuk melakukan modifikasi, karena dari setiap potongan bagian pengkodean sudah diekstrak ke tempat atau lokasi lain sebelum proses eksekusi.


3). Deodex (DeOptimized-dex)

Deodex merupakan proses repack dari semua .apk tersebut, menjadi file dengan ekstensi .dex di reassemble. Untuk menghilangkan kekuatiran .apk yang sudah dimodifikasi akan terjadi konflik dengan bagian odex yang terpisah-pisah, maka semua bagian dari aplikasi tersebut disatukan kembali di satu tempat.

~Kelebihan deodex :
Untuk melakukan modifikasi menjadi lebih mudah, karena tidak ada potongan-potongan kode dari lokasi eksternal.

~Kekurangan deodex :
Membutuhkan waktu yang lebih lama untuk booting, karena masing-masing aplikasi akan diproses satu-persatu.


~Cara mengetahui odex atau deodex :

Buka aplikasi explore, seperti root explore, dll. Lalu cari folder system/app. Selanjutnya akan ada beberapa file, jika disitu terdapat file berekstensi .apk dan .odex, maka itu berarti odex, sedangkan jika disitu hanya terdapat file berekstensi .apk, berarti deodex.




No comments:

Post a Comment