Penyebab dan solusi hp android cepat panas

Unknown | 02:58 |

    Ada banyak faktor yang menyebabkan hp android cepat panas, yang membuat kita tidak nyaman saat menggunakannya. Hal tersebut memang sudah sering terjadi di smartphone, bahkan hp biasa pun juga cepat panas, itu juga tergantung pada si penggunanya sendiri.

Untuk itu cari terlebih dahulu apa penyebab hp android itu cepat panas agar kita dengan mudah untuk meminimalisir atau mengatasi panas tersebut sehingga tidak terjadi panas yang terlalu berlebihan.

Baiklah, kali ini saya akan share tips cara mengatasi panas di hp android.
Langsung saja simak ulasannya berikut ini :


1). Kerusakan pada baterai

Hal ini bisa menjadi penyebab hp android cepat panas, karena baterai yang menggelembung atau lembab yang sudah tidak layak untuk dipakai. Jika baterai tersebut terus digunakan, akan dapat menyebabkan hp android panas terlalu berlebihan bahkan akan menyebabkan kerusakan pada hardware. Sebaiknya ganti dengan baterai yang baru.


2). Banyak aplikasi berjalan di latar belakang

Banyaknya aplikasi yang aktif atau berjalan di latar belakang seperti BBM, Whatsapp, dan sebagainya akan menyebabkan hp android cepat panas bahkan juga membuat lebih lemot.
Untuk itu tutuplah beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang yang anda rasa tidak penting atau dihapus saja sekalian.


3). Berada ditempat yang panas

Menggunakan hp android ditempat yang panas seperti di bawah terik matahari, akan membuat hp tersebut cepat panas. Karena suhu di sekitarnya panas sehingga hp tersebut juga akan terpengaruh panas. Carilah tempat yang nyaman serta teduh saat menggunakannya, karena juga selain membuat hp tidak cepat panas, kita pun juga akan lebih nyaman saat menggunakannya.


4). Debu yang berlebihan

Debu akan bertindak selayaknya virus yang akan menyebabkan hp android melemah. Jika terlalu banyak debu makan akan menyebabkan hp cepat panas. Karena debu tersebut akan menutupi saluran-saluran sebagai tempat keluarnya suhu panas.
Sebaiknya bersihkan saluran-saluran yang ada di hp agar suhu panas tersebut bisa keluar dengan lancar serta juga akan mendapatkan udara dari luar.


5). Kinerja yang terlalu berlebihan

Alangkah baiknya ketahuilah terlebih dahulu spesifikasi hp android anda. Jangan menjalankan aplikasi atau game yang terlalu berat jika spek hp anda kurang memadahi seperti processor yang terlalu kecil atau kurang kencang, kapasitas ram yang kecil, dll. Karena jika diterus-teruskan maka hp tersebut akan bekerja secara cepat alias ngebutt sehingga akan membuat hp menjadi panas, dan juga jangan terlalu membuka aplikasi secara bersamaan, karena akan memberatkan kinerja android. Sebaiknya jangan terlalu memaksakan untuk membuka banyak aplikasi dalam satu waktu atau menjalankan game yang terlalu berat jika spek hp anda kurang memadahi.


6). Sinyal yang lemah

Sinyal yang terlalu lemah akan memaksa hp android untuk mencari sinyal di sekitarnya secara terus-menerus, sehingga hp akan cepat panas. Maka dari itu, carilah tempat yang lebih bagus sinyalnya terutama ditempat yang agak tinggi.


7). Penggunaan internet yang terlalu lama

Aktivitas internet akan berdampak buruk pada hp jika digunakan terlalu lama tanpa memperhatikan waktu, karena akan menyebabkan hp cepat panas dan baterai pun juga boros apalagi jika anda memakai koneksi internet 3G/HSPDA. Sebaiknya jika aktivitas internet anda cuma sekedar browsingan, pakailah koneksi E saja, karena hp tidak akan cepat panas dan jika sudah selesai langsung saja dimatiin koneksi datanya.


No comments:

Post a Comment