Fitur terbaru yang terdapat di android lollipop

Unknown | 06:44 |

Kabar gembira bagi pengguna setia android, kini google secara resmi merilis sistem operasi terbarunya hasil upgrade atau penerus dari android sebelumnya yaitu android 5.0 lollipop. Secara teknis, sistem operasi android terbaru ini merupakan sebagai update terbesar yang pernah dilakukan google. Perangkat yang menggunakan android lollipop ini mampu berintegrasi antar perangkat yang juga berbasis android seperti tablet, smarphone, dan smartwatch.

Sistem operasi android lollipop ini keluar dibarengi rilisnya seri Nexus terbaru yaitu Nexus 6 dan Nexus 9.
Nah, apa aja sih fitur-fitur terbaru yang terdapat di android lollipop, simak ulasannya sebagai berikut :


1). Desain Material

Pada versi rilis terbarunya, android 5.0 lollipop dibekali dari sektor tampilan yang lebih berwarna dan juga responsive. Pihak android juga memberikan jaminan kepada penggunanya, kalau pada android lollipop ini navigasinya tidak akan menyulitkan penggunanya alias lebih mudah digunakan.


2). Hemat Baterai

Pada android lollipop, kini dibekali fitur terbaru penghemat baterai yaitu Proyek Volta. Proyek Volta adalah tambahan alat bantu yang memungkinkan pengembang lebih mudah untuk mencari tahu bagaimana dan mengapa sebuah aplikasi mempengaruhi daya tahan baterai. Yang pertama disebut Baterry Historian, fungsinya memberikan catatan yang rinci ketika baterai terkuras dan membantu pengembang mengidentifikasi fitur yang memakan terlalu banyak baterai.
Yang kedua disebut Job Scheduler, yang membuat pengembang lebih mudah untuk memilih tugas-tugas yang dilakukan, yang berarti tugas-tugas yang banyak menguras baterai akan dilakukan pada saat baterai di charge.


3). Support API baru, bluetooth 4.1, dan mode brush photo.

SDK android lollipop akan mendukung API baru, bluetooth 4.1, USB audio, dan aplikasi pihak ketiga untuk modus brush video.


4). Peningkatan Pencarian

Google telah menempatkan penekan pada "penemuan kembali", maksudnya bahwa Google Search sekarang menjadi lebih baik dalam merekam apa yang telah anda lakukan sebelumnya.


5). 64-bit ART Compiler

Ini merupakan perubahan yang revolusioner pada android, yang akan menggantikan Dalvik compiler ke ART yang lebih efisien, sehingga akan membuat android menjadi cross-platform pada ARM, x86, dan MIPS. ART compiler akan mengoptimalkan kerja memori dan aplikasi ketika loading, jadi kinerja akan lebih cepat hingga 2 kali lipat. 


6). Keamanan

Sistem keamanan yang terdapat di android lollipop nanti akan dijalankan diatas sistem SELinux, yang sudah terkenal anti malware. Android lollipop juga dilengkapi dengan fitur keamanan terbaru yaitu smart lock. Fitur ini akan mengintegrasikan dua perangkat, dimana perangkat yang satu hanya bisa dibuka bila diakses melalui perangkat pasangannya.


7). Notifikasi/Pemberitahuan

Pemberitahuan atau notifikasi merupakan bagian terpenting di smartphone. Di android lollipop pada keadaan ponsel terkunci, nantinya notifikasi masih bisa diakses. Anda juga dapat mengatur notifikasi akan dimunculkan atau tidak pada saat menonton video. Fitur canggih juga disematkan, di android lollipop ini menawarkan Fitur Priority yang fungsinya tidak kalah hebat dengan Fitur Do Not Disturb milik iPhone.

Itulah beberapa fitur baru yang ada di android lollipop, semoga bisa menambah pengetahuan anda.


No comments:

Post a Comment