faktor yang mempengaruhi kecepatan internet di komputer

Unknown | 19:58 |

Internet sudah menjadi bagian dari dunia kita yang kedua, salah satunya digunakan untuk media hiburan, informasi, dan komunikasi. bagaimana jika koneksi internet anda lelet atau lemot. Sangat mengganggu sekali bukan, ketika kita sedang asyik streaming video online atau sedang download, tiba-tiba kecepatannya down atau menurun secara tiba-tiba, pasti jengkelkan.

Namun dari kejadian tersebut, ada beberapa faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya koneksi internet kita. Tentunya, faktor tersebut merupakan sebagai solusi atau cara yang digunakan sebagai jalan untuk memperbaiki koneksi yang lemot atau untuk meningkatkan kecepatan internet.

Berikut yang merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan koneksi internet, langsung saja simak uraiannya sebagai berikut :


1). Spesifikasi komputer

Komputer yang memiliki spesifikasi yang tinggi atau bagus, maka koneksi internet anda akan semakin baik atau cepat. Begitu sebaliknya jika spesifikasi komputer anda rendah, maka koneksi internet di komputer anda kurang baik.


2). Browser yang digunakan

Browser yang merupakan aplikasi atau program yang akan digunakan untuk browsing atau surfing di internet juga sangat berpengaruh pada kecepatan akses internet. Karena browser yang ringan juga akan bagus dan cepat jika digunakan untuk browsing atau download. Aplikasi browser yang sudah di akui akan kecepatan dan keamanannya antara lain Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, Internet Explore, dan Safari.


3). Kecepatan yang ditawarkan oleh ISP

Paket internet yang telah anda beli dari ISP (Internet Service Provider) seperti Telkomsel, XL, Three, Indosat, dll. Kecepatan yang ditawarkan kepada anda juga akan berbeda, tergantung dari harga dan kuotanya. Oleh karena itu pilihlah sesuai kebutuhan anda.


4). Jenis koneksi yang digunakan

Perlu diketahui bahwa, jenis koneksi itu tidak hanya satu tapi lebih. Jenis koneksi yang digunakan juga sangat berpengaruh. Secara umum jenis koneksi antara lain Diap Up, ADSL, GPRS, dan Wireless. Jika ingin mendapatkan koneksi yang cepat, say sarankan memakai wireless.


5). Sistem komputer

Sistem komputer juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses internet anda. Misalnya operating sistem apa yang anda gunakan, kebersihan komputer dari virus atau file-file sampah.
Sistem komputer yang tidak ada virus dan file sampah maka juga akan cepat koneksinya, begitupun sebaliknyaa.



No comments:

Post a Comment