Tips memilih Flash Disk yang bagus sebelum membeli

Unknown | 04:23 |
Media penyimpanan semakin lama semakin maju. hal ini di tandai dengan semakin besarnya kapasitas dari media penyimpanan tersebut. Karena juga semakin banyaknya kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan untuk menyimpan file seperti dokumen, foto, film, game dan lain-lain. Media penyimpanan komputer diantaranya disket, hardisk, flashdisk, dan lain-lain.

Nah pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai flashdisk. Flash Disk adalah alat penyimpan data/file yang berupa NAND. Di dalam perangkat ini, tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non–volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. Flashdisk merupakan alat penyimpanan paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang untuk menyimpan file di PC atau laptopnya. Karena dari segi kepraktisannya yang memang bentuknya kecil, sehingga sangat cocok jika dibawa kemana-mana, misalnya mau ke warnet. 

Namun, dari segi keefisiennya sebagai alat penyimpanan yang mudah dibawa kemana-mana, tentunya dalam hal membeli anda juga harus jeli dalam memilih, agar nantinya tidak menyesal jika sudah dibeli dan mengalami kerusakan.

Pastinya sebel kan jika baru beli, eh pas ketika digunakan dengan disambungkan ke PC atau laptop dan hasilnya nol alias tidak nyambung atau rusak. Oleh karena itu, saya akan memberikan tips kepada anda, bagaimana cara memilih flashdisk dengan tepat agar tidak menyesal nantinya. Langsung saja simak sebagai berikut :


1). Harga sebanding dengan kualitas

Hal yang satu ini kebanyakan dilakukan oleh banyak orang yang budgetnya tipis misalnya pelajar. Begitu mendapatkan harga yang murah dan kapasitas yang besar, mereka langsung membelinya. Untuk itu, jangan terpengaruh oleh harga murah. Sebaiknya beli saja flashdisk yang antara harga dan kualitas sebanding.

2). Merek flashdisk

Sebaiknya cari flashdisk dari branding terkenal, karena mereka akan mengutamakan kualitas atau bertanya kepada orang yang ada di grup media sosial atau di forum-forum. Tanyalah kepada mereka yang lebih profesional atau lebih tau, apa merek flashdisk yang sudah dipakai oleh mereka dan telah terbukti awet. Biasanya, merek yang belum terkenal pas menjual produknya, ia akan memberikan harga yang murah atau mahal ( ya semua brand atau merek kan kalau mau menjual pasti memberikan harga mahal atau murah kan, gimana sih ini. :-D ). Dan jika anda telah membeli harga yang mahal lalu rusak, ya itu kerugian anda sendiri. Atau jika saat membeli, tanyalah kepada pemilik konter, tentunya harus konter yang resmi atau terkenal ya jika ingin mendapatkan yang lebih baik.


3). Kondisi fisik

Coba perhatikan dahulu pada kekuatan casing, usb konektornya, tutup flashdisknya. Amati casingnya apakah ada yang rusak atau lecet, kuat atau tidak. Kemudian usb konektornya yang  yang bagian didepan itu lho, coba periksa kuat atau tidak. Masalahnya flashdisk kan pastinya secara terus-menerus di tancapkan dan dicopot pada laptop atau PC, nah pastinya kalau tidak kuat pasti akan lepas dengan casingnya. Lalu cari flashdisk yang tutupnya tergabung dengan casingnya, agar lebih kuat melindungi bagian konektornya. Usahakan cari yang berbahan metal atau besi pada penutupnya.


4). Kecepatan membaca dan transfer data

Usahakan cari flashdisk yang sudah mendukung usb 3.0. Berdasarkan pengujian techradar, kecepatan transfer usb 3.0 hingga 30-90 mbps. Sebenarnya sih kalau flashdisk dengan usb 2.0 juga tidak apa-apa, tapi kecepatan transfer datanya lebih rendah dari usb 3.0. Kecepatannya antara 10-30 mbps. Tapi berdasarkan pengalaman saya kecepatan usb 2.0 antara 4-11 mbps. Dan kedepannya usb 2.0 pastinya juga mulai ditinggalkan.


5). Garansi 

Garansi menjamin keaslian flashdisk. Alangkah baiknya mencari flashdisk yang memberi garansi paling lama, misalnya yang satu 1 tahun dan yang satunya lagi 2 tahun. Nah pilihlah garansi yang paling lama agar pada saat  flashdisk anda rusak bisa ditukar dengan yang baru lagi. Tapi ingat !!! Bukan garansi toko, tapi garansi dari flashdisk itu sendiri.


Nah, itulah sedikit tips dalam memilih flashdisk yang bagus sebelum melakukan pembelian. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk anda.


No comments:

Post a Comment