Sejarah berdirinya jejaring sosial Facebook

Unknown | 02:21 |

Mungkin hampir semua orang di dunia ini sudah tahu dan tidak asing lagi terdengar di telinga tentang jejaring sosial paling banyak penggunannya dan juga paling populer di dunia ini. Siapa lagi kalau bukan si raja jejaring sosial facebook. Tidak salah jika facebook dinobatkan sebagai jejaring sosial terbesar di dunia, karena dilihat dari jumlah penggunanya serta kepopulerannya sudah bisa ditebak. Yaap, pengguna facebook yang sudah mencapai jumlah 1 miliar lebih pada saat ini.

Facebook telah memberikan kemudahan dalam menghubungkan seseorang ke orang lain dalam tujuan berkomunikasi. Cara mendaftarkannya juga cukup mudah, hanya mengisi beberapa kotak atau baris yang meliputi seperti nama, tanggal lahir, kata sandi, dll. Kalau sudah tinggal memasukan nama pengguna atau email dan kata sandi lalu masuk sudah selesai, tinggal menggunakan. Facebook sendiri saat ini tidak hanya tersedia di situs web saja, namun sudah ada dalam bentuk aplikasi yang tersedia dalam platform android, ios, windows phone, dan sebagainya. 

Sebagai pengguna, tentu kita juga harus mengetahui sejarah facebook seperti apa, sehingga kita akan tahu bagaimana usaha facebook hingga menjadi jejaring sosial terbesar di dunia.

Berikut ini sejarah facebook yang saya ringkas sebagai berikut :

Facebook pertama kali diciptakan oleh mahasiswa dari universitas harvard yang merupakan universitas ternama dan terbaik di dunia, ia bernama Mark Zuckerberg. Dalam menciptakan facebook, Mark tidak sendiri, tetapai dia dibantu oleh 4 teman sekampusnya diantaranya adalah Eduardo Saverin, Dustin Maskovitz, Andrew McCollum, dan Chris Hughes.

Sebelum nama facebook digunakan, Mark menciptakan situs web bernama Facemash dengan alamat web Facemash.com pada 23 oktober 2003. Situs ini dibuat oleh Mark yang digunakan untuk membedakan mana wanita yang lebih "hot" (cantik) dan mana yang tidak, kebanyakan wanitanya berasal dari mahasiswi harvard. Mark mendapatkan foto mahasiswi harvard melalui database universitas harvard yang ia retas atau hack. Memang Mark telah memiliki kemampuan untuk melakukan hacking. Pada keesokan harinya, Mahasiswi yang dijadikan perbandingan di situsnya tersebut marah dan menyuruh Mark untuk menutup situs tersebut.

Hampir saja Mark dikeluarkan dari harvard karena telah melakukan pelanggaran yang telah dilakukannya karena telah meretas database universitas harvard.

Pada tanggal 11 januari 2004, Mark mendaftarkan domain thefacebook.com. Mark terinspirasi dari facemash dan dimodelkan dari friendster. Mark mengatakan bahwa ia ingin menghubungkan orang yang di dalam universitas melalui situs tersebut. 

Setelah 24 jam, tercatat bahwa 1200 mahasiswa universitas harvard telah mendaftarkan diri di situs tersebut. Setelah jangka 6 hari peluncuran tersebut, bahwa Mark telah mengembangkan situs web yang bernama harvardconnection.com untuk Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra yang akhirnya ketiga orang tersebut menuntut Mark bahwa Mark telah mencuri ide-ide mereka, yaitu facebook. Namun, permasalahan tersebut akhirnya dapat teratasi secara tertutup di luar hukum pengadilan.

Facebook mendapatkan investasi pertamanya dari Peter Theil, yang merupakan founder PayPal. Sean Peter yang merupakan co-founder dari Napster kemudian diangkat menjadi presiden dari perusahaan terbaru tersebut.

Pada bulan agustus 2005, thefacebook telah berganti domain menjadi facebook dengan menghilangkan kata the didepannya yang memerlukan biaya $ 200.000 atau setara dengan Rp 1.8 Milyar. Masih pada tahun tersebut, facebook mendapatkan berbagai investor baru dan menjalin kerja sama dengan Apple dan Microsoft. Sebagian besar pendapatan facebook berasal dari iklan.

Hingga sampai saat ini perbaikan demi perbaikan telah dilakukan oleh pihak facebook serta menambahkan fitur-fitur baru seperti game facebook antara lain Top Eleven, Dragon City, dan lain-lain.


No comments:

Post a Comment