Macam dan fungsi sensor pada smartphone

Unknown | 06:22 |
Smartphone seiring berjalannya waktu semakin canggih, teknologi terbaru telah dibenamkan Smartphone pada saat ini. Smartphone saat ini dapat beli dengan harga yang terjangkau dan anda dapat menikmati beragam fitur-fitur canggih di dalamnya, seperti produk asal China yang memberikan harga yang cukup murah tetapi dari segi spek sudah dapat dibilang lumayan menggiurkan.

Smartphone juga berperan penting untuk kebutuhan di jaman modern ini, seperti untuk kebutuhan berkomunikasi, membaca berita dan lain-lain. Teknologi canggih pada smartphone salah satunya adalah sensor. Sensor memiliki banyak fungsi seperti pengukur suhu, kompas, dll. Biasanya sensor di smartphone sudah dibenamkan minimal ada 3 sensor yang terdapat di smartphone low-end atau mid-end, sedangkan untuk smartphone kelas high-end atau premium seperti samsung galaxy s4, galaxy s5, galaxy s6, iphone 6, dsb terdapat 5 sensor ke atas. Lantas, apa saja sensor-sensor tersebut.

Berikut ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang macam-macam sensor beserta fungsinya, berikut ini :


1). Sensor Fingerprint

Sensor fingerprint atau sidik jari ini digunakan untuk keamanan pada smartphone seperti lockscreen, kunci aplikasi, dll. Anda cukup menyentuh pada pemindai sidik jari di smartphone tersebut menggunakan salah satu jari anda. Manfaat dari sensor ini adalah smartphone anda akan lebih aman dari orang lain yang ingin menjahili anda lewat smartphone.

2). Sensor Accelerometer

Sensor ini berfungsi mendeteksi percepatan gerakan layar, getar, dan rotasi layar. Sehingga anda dapat menggulingkan smartphone kekiri, kanan, atas, bawah kemudian layar akan menyesuaikan ke mode landskap atau portrait. Sensor ini dipengaruhi oleh gravitasi untuk melakukannya.


3). Ambient Light Sensor

Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi atau mengatur kecerahan cahaya layar secara otomatis. Manfaat ini akan anda dapatkan ketika anda berada di tempat yang kurang cahaya atau cahaya terang, sehingga ketika anda di tempat yang agak gelap atau kurang cahaya maka cahaya pada layar smartphone akan menyesuaikan sendiri menjadi agak redup sesuai kondisi. Begitupun juga pada kondisi terang atau kelebihan cahaya sensor akan menyesuaikan cahaya layar smartphone menjadi terang.


4). Sensor Magnet

Sensor ini dapat mendeteksi gelombang elektromagnetik di sekitar anda. Sensor ini juga dapat mendeteksi seberapa kuat daya tarik magnet tersebut.


5). Sensor Proximity

Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi keberadaan suatu objek di depannya tanpa kontak fisik. Keuntungan atau manfaat yang anda dapatkan pada sensor ini ketika anda sedang mentelpon seseorang atau orang lain mentelpon anda kemudian layar akan mati dengan sendirinya ketika akan bersentuhan dengan telinga. Dengan ini anda akan menghemat daya baterai pada smartphone anda dan tanpa takut menyentuh tombol yang lain.


6). Sensor Gyroscope

Sensor ini mirip dengam sensor accelerometer yaitu mampu mendeteksi rotasi layar. Bedanya jika accelerometer menggunakan gravitasi untuk melakukannya, sedangkan sensor gyro tidak. Sehingga gerakan yang akan dihasilkan akan lebih halus. Manfaat dari sensor ini adalah ketika digunakan untuk bermain game.


7). Sensor Temperatur

Suhu ini dapat mendeteksi kondisi suhu di sekitar anda. Sehingga anda dapat mengukur suhu di dalam ruangan atau luar rungan cukup menggunakan smartphone anda.


8). Sensor Barometer

Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi tekanan udara di sekitar anda.


9). Sensor Kompas

Sensor ini digunakan untuk mendeteksi arah mata angin seperti barat, timur, utara, selatan, barat daya, dan sebagainya. Manfaat dari sensor ini adalah ketika anda bepergian tanpa kehilangan arah mata angin dan anda juga dapat mengetahui arah kiblat.


No comments:

Post a Comment