Sejarah dan perkembangan WWW

Unknown | 05:29 |

Apakah anda pernah buka internet ? Yapp, pasti pernah dong yaa. Karena pada saat ini internet dapat diakses di ponsel bukan hanya PC saja, sehingga orang dapat menikmati internet di mana dan kapan saja. Internet dapat diakses menggunakan browser Mozilla, Opera, Google Chrome, dll. Disaat anda membuka internet lewat browser anda, pasti sudah tidak asing lagi dan sering menemukan tulisan "WWW" di bagian address bar.

Lalu apa sih yang dimaksud WWW itu ?

Banyak orang yang sudah mengetahui apa itu www, tapi tidak banyak juga yang mengetahuinya. WWW atau juga bisa disebut WEB merupakan kepanjangan dari "World Wide Web" yang merupakan program internet yang populer hingga saat ini. Kebanyakan orang mengidentifikasikan bahwa web sama dengan internet, padahal web merupakan masih bagian dari internet. Bagian dari internet antara lain E-mail, Newsgroup, Chatting, WWW, dan sebagainya.

WWW adalah sistem dimana informasi berisi teks, gambar, suara, video, dan sebagainya yang tersimpan di dalam internet webserver yang kemudian akan dipresentasikan dalam bentuk hypertext melalui software browser yang sudah saya sebutkan diatas. Informasi di web akan dibungkus atau ditulis dengan ekstensi html (hypertext markup language) yang didalamnya dapat berupa teks, gambar, suara, video, dan sebagainya.

Tapi, tahukah anda sejarah WWW hingga sekarang ini WWW telah menjadi bagian dari internet yang populer ?

WWW pertama kali diciptakan atau ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya, berners-lee hanya ingin menciptakan sistem untuk menyusun arsip-arsip riset hasil penelitiannya. Kemudian, ia berhasil menciptakan sistem software yang diberi nama Enquire. Dari software tersebut, ia berhasil menciptakan sebuah jaringan yang berguna untuk menautkan berbagai arsip yang akan memudahkan untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Dari hal tersebut merupakan langkah awal dari perkembangan pesat www.

WWW pertama kali dikembangkan oleh lembaga yang bernama CERN (European Center for Nuclear Research) yang dibentuk oleh perwakilan dari 18 negara yang merupakan salah satu lembaga penelitian fisika energi tingkat tinggi. CERN terletak di kota Geneva negara Swis. Tujuan awal CERN adalah untuk memudahkan para ilmuwan fisika dalam berbagi materi penelitian di lokasi atau daerah yang berbeda. Pada tahun 1993, terdapat 130 server web di internet, kemudian terus bertambah menjadi 2.738, dan pada bulan juni 1995 terdapat 23.500 server web. Mungkin sekarang server web di internet telah berjumlah jutaan. Pada saat ini, banyak perkembangan web yang memiliki banyak situs web atau website dalam jumlah yang banyak dalam domain yang berbeda seperti com, org, net, gov, dan sebagainya.

Semoga dari artikel ini dapat menambah pengetahuan anda.


No comments:

Post a Comment