Apa itu E-mail dan jenis-jenisnya ?

Unknown | 07:01 |

Di jaman yang serba modern ini, kebutuhan untuk berkomunikasi sangatlah mudah. Salah satunya adalah melalui email. Email sangat membantu kita untuk berkomunikasi secara cepat. Beda dengan dulu, jika kita ingin mengirim pesan atau surat kita harus melalui pos, sehingga kita disibukkan untuk menulis dalam kertas dahulu dan dibutuhkan waktu yang agak lama surat itu sampai di tujuan.


E-mail adalah singkatan dari Electronic Mail atau dalam bahasa indonesia disebut surat elektronik. Email sering digunakan oleh perusahaan atau sekolah/kampus untuk kebutuhan berkomunikasi dengan pihak lainnya. Tetapi saat ini bukan hanya suatu perusahaan yang mempunyai email, hampir semua orang saat ini mempunyai email dengan tujuan untuk berkomunikasi atau hal lainnya. Untuk bisa menggunakan fasilitas email, kita harus memiliki alamt email atau akun email terlebih dahulu yang bisa didapat dari situs penyedia email seperti Gmail, Yahoo, Hotmail, dll. Bentuk alamat email umumnya adalah nama@situs.com.
Nama merupakan identitas pemilik email atau User ID. @ (at) dibaca et artinya di. Situs.com adalah situs penyedia email seperti Gmail, Yahoo, Hotmail, dll.


Nah, sekarang tahukah anda jenis-jenis email ? Oke, langsung saja saya akan bahas jenis-jenis email di bawah ini dan dimulai dari :


•1) POPmail (Post Office Protokol)

POPmail merupakan email yang kita terima dari ISP (Internet Service Provider), atau juga dapat disebut layanan yang memungkinkan setiap email dapat ditampung di Mailbox atau kotak surat di komputer lokal dan anda dapat membacanya dalam keadaan offline atau tidak tersambung ke internet.

-- Kelebihan :
Kita dapat membaca email tersebut secara offline. Tapi sebelumnya kita harus tersambung ke internet dahulu kemudian melakukan unduhan atau download email yang ada, baru selanjutnya setelah selesai kita dapat membacanya secara offline. Kita juga dapat mengirim beberapa email sekaligus dengan cepat.

-- Kekurangan :
Kita tidak dapat cek email di sembarang tempat atau di warnet lain, karena untuk menjalankannya kita harus menggunakan program client mail seperti Outlook Express.


•2) Email Berbasis Web

Email jenis ini banyak digunakan saat ini. Email jenis ini banyak ditawarkan oleh situs-situs penyedia layanan email. Untuk luar negeri seperti Gmail, Yahoo, Hotmail, Lycos, dll, sedangkan untuk dalam negeri seperti Telkom, Plasa, Astaga, Bolehmail, dsb

-- Kelebihan :
Kita dapat mengakses atau cek email di warnet atau tempat lain dengan browser apa saja dan juga dengan isp apa saja.

-- Kekurangan :
Kita harus selalu terhubung ke internet untuk melakukan cek email, membaca, mengirim, dan menerima email. Yang artinya kita tidak bisa mengakses email kita ketika dalam keadaan offline.


•3) Email Forwarding

Email Forwarding adalah layanan email yang melanjutkan email yang dikirim kepadanya ke akun email kita yang lain. Manfaat dari email ini akan terasa bagi yang suka gonta-ganti email.

-- Kelebihan :
Kita dapat menyembunyikan email yang sesungguhnya dan tidak perlu memberitahukan email yang baru bila kita sering gonta-ganti email. Kita cukup memberi alamat email forwarding tersebut.

-- Kekurangan :
Email tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk sampai pada kita karena bersifat perantara email tersebut.



No comments:

Post a Comment