Perbedaan layar TFT, IPS, dan AMOLED

Unknown | 07:40 |

     Layar pada smartphone sangat berpengaruh penting, bayangkan saja jika smartphone tidak ada layarnya, apa yang akan terjadi ? Tentunya tidak akan bisa digunakan bukan?!. Teknologi layar pada smarphone kini lebih canggih dan berkembang pesat. Layar dengan teknologi canggih, tentunya akan membuat pengguna tersebut merasa nyaman. Di saat anda ingin membeli smartphone, layar juga harus anda jadikan sebagai tolak ukur selain dari segi RAM, Processor, dsb.

Layar seperti apa sih yang bisa membuat nyaman saat dipakai ?

Pasti semua orang ingin mempunyai smartphone dengan layar yang bagus dan canggih. Layar yang bisa dibilang nyaman saat dipakai dapat dilihat dari segi kejernihan, ketajaman warna, kecerahan serta bersahabat dengan mata.

Nah, jenis-jenis dari layar antara lain TFT, IPS, dan AMOLED. Layar jenis tersebut merupakan layar yang paling banyak digunakan saat ini. Untuk itu, saya akan memberikan penjelasan ringkas tentang ketiga jenis layar tersebut, mulai dari :


--•TFT (Thin Film Transistor)

Layar jenis ini menggunakan teknologi LCD berwarna terbaru. Sehingga, TFT ini mampu menghadirkan ketajaman warna yang lebih baik. Jenis teknologi layar ini ialah Active-Matrix Color Display. TFT menempatkan transistor pada setiap piksel layar yang dapat dimatikan dan dinyalakan secara individual. Kekurangan dari layar TFT ialah mahal dan konsumsi daya baterai besar.


--•IPS (In Plane Switching)

Layar IPS menggunakan teknologi LCD TFT untuk meningkatkan reproduksi warna dan viewing angle yang lebih luas. Sehingga, jika dilihat dari sudut pandang yang ekstrim pun, display yang ditampilkan masih dapat dilihat dengan baik. Nah, kekurangan dari layar IPS ini ialah penggunaan daya baterai besar.


--•AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode)

Amoled menggunakan teknologi OLED (Organic Light Emitting Diode) yang akan memberikan tingkat kehitaman layar lebih baik, lebih cerah, dan masih dapat dilihat walaupun berada di bawah terik matahari. Untuk konsumsi daya baterainya, Amoled lebih unggul dibandingkan TFT dan IPS.


No comments:

Post a Comment